Kamis, 22-Oct-2020

Senin, 16/01/2017 berita 383 hits

Ada banyak cara meningkatkan produktivitas, walaupun hal ini lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Mulailah dengan merencanakan perubahan kecil, lalu jalankan dengan baik sehingga menjadi sebuah rutinitas. Setelah terbentuk pola baru, kebiasaan melakukan perubahan kecil bisa membawa hasil yang besar.

        Tentukan prioritas dengan mempertimbangkan efisiensi. Aspek penting dalam meningkatkan produktivitas adalah bekerja secara efisien. Jika ada beberapa tugas yang harus Anda selesaikan, tentukan prioritas yang membuat Anda tetap aktif dan mau bekerja keras. Setiap orang memiliki cara kerja yang berbeda, tetapi nasihat ini bisa membantu meningkatkan produktivitas secara signifikan:

  • Prioritaskan tugas yang tidak Anda sukai. Jika Anda mulai bekerja dengan menyelesaikan tugas yang menyenangkan, Anda sudah lelah saat harus mengerjakan tugas yang kurang menyenangkan dan cenderung menundanya.
  • Jangan bekerja secara acak dari satu tugas ke tugas yang lain. Sebisa mungkin, fokuskan energi Anda untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jika perhatian Anda harus terbagi, berusahalah mengerjakan setiap tugas setidaknya selama satu jam. Bekerja hanya lima atau sepuluh menit untuk satu tugas adalah cara kerja yang tidak efisien.      
        
    Sempatkan beristirahat singkat, tetapi sering. Anda akan sangat lelah jika terus bekerja tanpa beristirahat. Otak Anda perlu beristirahat agar bisa tetap waspada dan terfokus. Beristirahatlah beberapa menit jika sudah terasa lelah atau pada waktu yang tepat untuk berhenti sejenak. Cobalah berjalan kaki, minum air putih, atau mengobrol.
    • Selama beristirahat, jangan melakukan aktivitas yang bisa mengalihkan Anda dari pekerjaan. Berlama-lama di depan komputer atau TV biasanya akan menjadi sesi panjang yang menunda pekerjaan.
    • Jika Anda sudah terlalu letih, pasanglah alarm sebagai pengingat agar bisa beristirahat setiap satu atau dua jam. 

      Buatlah jadwal kerja. Tentukan jadwal kerja yang realistis menggunakan kalender biasa atau elektronik. Anda akan termotivasi untuk bekerja lebih keras dengan mewujudkan rencana dalam bentuk pengingat yang konkret dan bisa terlihat.
      • Masukkan waktu istirahat dan makan siang yang lebih panjang dalam jadwal ini.
      • Buatlah jadwal kerja untuk sehari penuh saat mulai bekerja. Di akhir hari, sisihkan waktu beberapa menit untuk menyusun draf jadwal kerja hari berikutnya.

: tanpa label

JAJAK PENDAPAT

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

LOGIN